1. Pendahuluan
Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai
seperangkat kemampuan yang terdiri atas :
1. Kemampuan Akademik
2. Kemampuan Profesi
3. Kemampuan Pribadi
Pecapaian kemampuan akademik dan kemampuan Profesi telah diusahakan melalui
mata kuliah keahlian (MKK), yaiut mata-mata kuliah menurut bidang ilmu
pengetahuan masing-masing yang diberikan di perguruan tinggi. Adapun kemampuan pribadi, diharapkan untuk dicapai melalui sekelompok mata
kuliah yang tergabung dalam mata kuliah dasar umum yang terdiri atas mata-mata
kuliah :
1. Pancasila
2. Agama
3. Kewiraan
4. Pendidikan sejarah perjuangan bangsa
5. Ilmu alamiah dasar (IAD)
6. Ilmu sosial dasar (ISD)
7. Ilmu budaya dasar (IBD)
Mata kuliah dasar umum dikelompokon menjadi 2 bagian :
1. Kelompok pertama meliputi mata kuliah :
A. Pancasila C. Kewiraan
B. Agama D. Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa.
Kelompok ini diharapkan dapat menjadi dasar pedoman sebagai warga negara pelajar yang baik. Keempat mata kuliah tersebut wajib diikuti oleh semua mahasiswa di semua perguruaan tinggi, yang dinilai dan ikut menentukan kelulusan.
2. Kelompok kedua meliputi mata kuliah :
A. IAD C.IBD.
B. ISD
Kelompok ini
diharapkan dapat membantu meningkatkan kepekaan mahasisiwa berkenaan dengan
Lingkungan Alamiah, Lingkungan Social dan Lingkungan Budaya.
Secara spesifik kemampuan pribadi yang hendak dicapai melalui MKDU bertujuan
menghasilkan warga negara Sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
A. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran
agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
B. Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya
mencerminkan nilia - nilai
pancasiladan memiliki integeritas kepribadianyang
tinggi, yang mendahulukan kepentingan
nasional dan kemampuan sebagai sarjana
Indonesia
C. Memiliki wawasan Sejarah Perjuangan Bangsa, sehingga dapat memperkuat
semangat
kenbangsaan, memeprtebal rasa cinta tanah air, meningkatkan kesadaran
berbangsa dan
bernegara,mempertinggi kebangsaan nasional dan kemanusiaan
sebagai sarjana Indonesia.
D. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi
permasalahan
kehidupan, baik social, ekonomi, politik, pertahanan keamanan
maupun kebudayaan.
E. Memiliki wawasan yang luas tentang kehidupan bermasyarakat, dan secara
bersama -
sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun tentang
lingkungan alamiah
serta bersama-sama berperan serta di dalam pelestariannya.
Tema pokok perkuliahan ISD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal
balik antara manusia dan lingkungannya.
2. Ilmu Sosial Dasar
A. Pengertian
Ilmu social dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial,
khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan
pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti :
a. Sejarah b. Ekonomi c.Geografi d. Sosial
e. Sosiologi f. Antropolog g. Psikologi sosial.
B. Tujuan
Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum. Ilmu Sosial Dasar mempunyai
tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan maslah-masalah
sosial
yang ada di dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam
usaha-usaha
menanggulanginya.
c. Menyadari setiap masalh sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat
kompleks dan
hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan
interdisipliner.
d. Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat
berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang
timbul
dalam masyarakat.
C. Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai
persamaan dan perbedaan.
Persamaan ISD dan IPS yaitu :
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah
sosial.
Perbedaan ISD dan IPS yaitu :
a. Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial
diberikan di
sekolah
dasar dan sekolah lanjutan.
b. Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan
sosial dasar
merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah
lanjutan).
c. Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang
ilmu pengetahuan social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan
keterampilan
intelektual.
D. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
a. kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat, yang secara
bersama-sama
merupakan masalah social tertentu.
b. konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan
social dibatasi
pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan
untuk mempelajari masalah
masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan
Sosial
c. masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam
berbagai kenyataan -
kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya
berbeda.
Berdasarkan bahan kajian seperti yang disebut diatas, dapat dijabarkan leih
lanjut ke dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk dapat di
operasionalkan.
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok bahasan
tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan
mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah
kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat
dan kebudayaan.
dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga
dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan
sosialisasi.
4. Masalah hubungan warga
Negara dan Negara
5. Masalah pelapisan sosial dan
kesamaan derajat
6. Masalah masyarakat perkotaan
dan pedesaan
7. Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan
dan teknologi bagi kemakmuran dan
kesejahteraan masyarakat.
0 komentar:
Posting Komentar